Soal UKG Kepala Madrasah- Sungguh malu rasanya jika kepala sekolah sampai tidak lulus UKG. Ya karenanya mari belajar, biar tidak menyesal. Salah satunya adalah dengan mempelajari soal-soal UKG.
1. Kepala SMK JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah ...
a. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota,
b. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,
c. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
d. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis.
2. Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a. Menyusunan program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
b. Menyusun program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
c. Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
d. Menyusun jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
3. Pada kegiatan supervisi klinis oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamati khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah selaku supervisor ...
a. Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
b. Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervisi harus melihat semua aspek pada kegiatan pembelajaran,
c. Menyetujui permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,
d. Tidak menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
4. Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a. Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,
b. Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
c. Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
d. Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
5. Kepala SMKN 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan belajar saat ini adalah 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika Anda sebagai Kepala di SMK tersebut yang dilakukan adalah ...
a. Mempertahankan jumlah rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan animo masyarakat tinggi,
b. Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa
c. Mepertahankan jumlah rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
d. Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel 40 siswa
6. Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, kecuali?
a. tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas.
b. mampu beradaptasi dengan perkantoran.
c. berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.
d. inovatif, kreatif mengembangkan sekolah.
7. Di awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
a. rnenghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
b. tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan APBS.
c. pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
d. pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
8. Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
a. mengingat semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar cepat selesai.
b. semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
c. saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
d. menyusun struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
9. Kepala Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah?
a. Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
b. Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru.
c. Menantang siapa pun orangnya yang menekan.
d. Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
10. Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
a. biar saja, asal tidak mengganggu.
b. guru tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
c. Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam.
d. mengabsen guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
a. merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
b. selalu menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur.
c. melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat.
d. memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
12. Pengambilan keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill, attitude, style kepemimpinan.......
a. Dalam pengambilan keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama.
b. Dengan senang hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan.
c. Keputusan didasarkan pada aturan saja.
d. Memiliki sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya.
13. Seorang guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan mengkritik habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya.........
a. Perilaku guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu ditantang.
b. Guru tersebut tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi.
c. Biar saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan dijelaskan agar mengerti,
d. Tidak perlu dijawab, agar suasana rapat terus terkendali.
14. Kepala Sekolah menerima telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan dicari, guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab telepon....
a. maaf, guru tersebut tidak ada.
b. sepertinya guru tersebut tidak hadir.
c. guru tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu...
d. guru tersebut saya beri tugas, saya dengan senang hati untuk menerima titipan pesan...
15. Perkelahian antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam belajar segerombolan siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah adalah........
a. Mempersilahkan masuk diselesaikan secara kekeluargaan.
b. Menghubungi polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili.
c. Mernbiarkan segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran.
d. Mernpersilahkan masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi siswanya sendiri.
16. Sekolah memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan kriteria........
a. Keuntungan dan kerugian dari kerjasama
b. Kemampuan bekerjasama dengan berbagai pihak.
c. Keluwesan bekerjasama dengan berbagai pihak.
d. Santun dalam bekerjasama dengan berbagai pihak
17. Untuk meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama, dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........
a. selaku pimpinan penentu kesuksesan
b. sebagai top leader terdepan dalam kegiatan
c. melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan
d. memberikan motivasi
18. Sekolah keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya, sosial dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai Kepala Sekolah.......
a. terlibat kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah.
b. kegiatan karang taruna sebagai wadah pemuda desa
c. partisipasi aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional
d. aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional.
19. Jika dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram maka, kecuali......
a. Kepala Sekolah membuka amal bencana.
b. Kepala Sekolah memiliki kepekaan sosial tetap memberi sumbangan.
c. Kepala Sekolah membuat edaran
d. Kepala Sekolah dengan uang pribadi menyumbang.
20. Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah…….
a. Pribadi
b. Sosial
c. Manajerial
d. Akademis
Berikut adalah 20 Soal UKG untuk kepala sekolah. Selamat belajar
20 Soal Prediksi UKG 2015 untuk Kepala Madrasah
1. Kepala SMK JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah ...
a. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota,
b. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,
c. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
d. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis.
2. Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a. Menyusunan program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
b. Menyusun program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
c. Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
d. Menyusun jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
3. Pada kegiatan supervisi klinis oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamati khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah selaku supervisor ...
a. Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
b. Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervisi harus melihat semua aspek pada kegiatan pembelajaran,
c. Menyetujui permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,
d. Tidak menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
4. Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a. Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,
b. Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
c. Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
d. Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
5. Kepala SMKN 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan belajar saat ini adalah 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika Anda sebagai Kepala di SMK tersebut yang dilakukan adalah ...
a. Mempertahankan jumlah rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan animo masyarakat tinggi,
b. Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa
c. Mepertahankan jumlah rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
d. Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel 40 siswa
6. Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, kecuali?
a. tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas.
b. mampu beradaptasi dengan perkantoran.
c. berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.
d. inovatif, kreatif mengembangkan sekolah.
7. Di awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
a. rnenghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
b. tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan APBS.
c. pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
d. pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
8. Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
a. mengingat semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar cepat selesai.
b. semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
c. saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
d. menyusun struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
9. Kepala Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah?
a. Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
b. Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru.
c. Menantang siapa pun orangnya yang menekan.
d. Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
10. Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
a. biar saja, asal tidak mengganggu.
b. guru tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
c. Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam.
d. mengabsen guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
Prediksi Soal UKG 2015 Kepala Madrasah
11. Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melakukan perubahan...a. merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
b. selalu menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur.
c. melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat.
d. memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
12. Pengambilan keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill, attitude, style kepemimpinan.......
a. Dalam pengambilan keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama.
b. Dengan senang hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan.
c. Keputusan didasarkan pada aturan saja.
d. Memiliki sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya.
13. Seorang guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan mengkritik habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya.........
a. Perilaku guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu ditantang.
b. Guru tersebut tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi.
c. Biar saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan dijelaskan agar mengerti,
d. Tidak perlu dijawab, agar suasana rapat terus terkendali.
14. Kepala Sekolah menerima telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan dicari, guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab telepon....
a. maaf, guru tersebut tidak ada.
b. sepertinya guru tersebut tidak hadir.
c. guru tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu...
d. guru tersebut saya beri tugas, saya dengan senang hati untuk menerima titipan pesan...
15. Perkelahian antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam belajar segerombolan siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah adalah........
a. Mempersilahkan masuk diselesaikan secara kekeluargaan.
b. Menghubungi polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili.
c. Mernbiarkan segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran.
d. Mernpersilahkan masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi siswanya sendiri.
16. Sekolah memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan kriteria........
a. Keuntungan dan kerugian dari kerjasama
b. Kemampuan bekerjasama dengan berbagai pihak.
c. Keluwesan bekerjasama dengan berbagai pihak.
d. Santun dalam bekerjasama dengan berbagai pihak
17. Untuk meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama, dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........
a. selaku pimpinan penentu kesuksesan
b. sebagai top leader terdepan dalam kegiatan
c. melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan
d. memberikan motivasi
18. Sekolah keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya, sosial dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai Kepala Sekolah.......
a. terlibat kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah.
b. kegiatan karang taruna sebagai wadah pemuda desa
c. partisipasi aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional
d. aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional.
19. Jika dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram maka, kecuali......
a. Kepala Sekolah membuka amal bencana.
b. Kepala Sekolah memiliki kepekaan sosial tetap memberi sumbangan.
c. Kepala Sekolah membuat edaran
d. Kepala Sekolah dengan uang pribadi menyumbang.
20. Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah…….
a. Pribadi
b. Sosial
c. Manajerial
d. Akademis
Siswa saja belajar, guru juga dong. dan kepala sekolah bagian dari guru. Ayo belajar, siapkan ukg. Dan nanti anda bisa lihat hasil ukg 2015 yang semoga memuaskan.
keyword: download prediksi soal ukg
Prediksi Soal UKG Kemenag 2015 untuk Kepala Madrasah
4/
5
Oleh
Admin